Peningkatan mutu mahasiswa melalui program ekstrakurikuler Studi kasus pada Ma’had IAIN Padangsidimpuan

Main Authors: Daulae, Tatta Herawati, Diyah, Hoiriyah
Format: Research NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: LPPM IAIN Padangsidimpuan , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/574/1/26.-Tatta-Herawati-Daulae.pdf
http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/574/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya hasil belajar yang diperoleh sebagian mahasiswa setelah mengikuti program ma’had. Khusus pada semester III sudah banyak mahasiswa yang mengikuti kuliah ke semester IV, disebabkan IP yang mereka peroleh dan juga keikutseraan mahasiswa dalam forum ilmiah baik secara lokal maupun nasional. Rumusan masalah penelitian ini, apa program-program ma’had dalam peningkatan mutu mahasiswa, bagaimana cara melakukannya dan bagaimana sistem evaluasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program-program ma’had dalam peningkatan mutu mahasiswa, cara melakukannya dan sistem evaluasinya. Kegunaan penelitian ini untuk menambah wawasan pengetahuan tentang pembinaan mahasiswa. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan teori peningkatan mutu, program ekstrakurikuler dan ma’had atau boarding school. Penelitian menggunaaan metode deskriptif, jumlah responden 25 dari pembina ma’had, alat instrumen menggunakan observasi dan wawancara, sedangkan analisa data dengan menyusun redaksi data, menyeleksi data, mendeskripsikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini terdapat enam program ma’had dalam peningkatan mutu mahasiswa IAIN Padangsidimpuan. Cara melakukan program yaitu menyusun jadwal harian, mingguan dan melakukan program. Sistem evaluasi yang dilakukan mengikuti ujian semester ganjil dan semester genap. Bentuk ujian berupa lisan, tulisan dan praktek. Jika dikaitkan dengan peningkatan mutu mahasiswa jelas terdapat peningkatan mutu yang tergolong tinggi, sedang dan rendah.