Pembelajaran nahwu dan shorf melalui metode pembelajaran interaktif dan partisipatif Studi kasus Semester IV Jurusan PBA IAIN Padangsidimpuan
Main Author: | Sihotang, Nurfin |
---|---|
Format: | Research NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LPPM IAIN Padangsidimpuan
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/573/1/24.-Nurfin-Sihotang.pdf http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/573/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul;Pembelajaran Nahwu Dan Shorf Melalui Metode Pembelajaran Interaktifdan Partisipatif (Studi Kasus Semester IV Jurusan Pendidikan bahasa Arab IAIN Padangsidimpuan). Dengan Rumusan masalah penelitiannya adalah; 1) Apa saja problematika pembelajaran Nahwu dan Shorof pada semester IV Jurusan PBA FTIK IAIN Padangsidimpuan, 2) Bagaimana pelaksanaan metode interaktif partisipatif dalam pembelajaran Nahwu dan Shorof, 3) Bagaimana hasil evaluasi pembelajaran Nahwu dan Shorof dengan metode belajaran interaktif dan partisipatif. Penelitian ini bertujuan; 1) Mengurai permasalahan yang dihadapi mahasiswadalam pembelajaran Nahwu dan Shorof pada semester IV Jurusan PBA FTIK IAIN Padangsidimpuan, 2) Pengembangan metode pembelajaran Ilmu Nahwu dan Shorof pada mahasiswa Jurusan pendidikan bahasa Arab di Jurusan Bahasa Arab di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dengan menggunakan metode pembelajaran interaktif dan partisipatif, 3) Bagaimana hasil evaluasi pembelajaran Nahwu dan Shorof metode belajaran interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan forum group disscution. Analisis data dengan model analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian indikator keberhasilan tiap siklus. Langkah-langkah analisis meliputi koleksi data, penyederhanaan data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian pada tahap perencanaan metode partisipatis dan interaktif mengidentifikasi bahwa siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran nahwu dan shorof di segi mengi‟rob, memberi baris saat membaca teks arab menentukan illat dan wazan fi’il. Hasil penelitian pada tahap pelaksanaan metode partisipatif dan interaktif mengungkap peningkatan pemahaman mahasiswa tentang mengi‟rob, memberi baris saat membaca teks arab menentukan illat dan wazan fi’il . Hasil penelitian pada tahap evaluasiI menunjukkan peningkatan hasil belajar tentang pembelajaran nahwu dan shorof terutama pemahaman mahasiswa tentang mengi‟rob, memberi baris saat membaca teks arab menentukan illat dan wazan fi’il.