Pengaruh language interest terhadap hasil belajar bahasa asing (Arab-Inggris) siswa di Pondok Pesanteren Modren al-Abror Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Amin, Irsal
Format: Research NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: LPPM IAIN Padangsidimpuan , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/569/1/19.-IRSAL-AMIN.pdf
http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/569/
Daftar Isi:
  • Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa masalah pembelajaran bahasa Asing yang paling besar adalah masalah psikologis. Bahasa asing dianggap sulit oleh siswa sehingga para pengajar merasa kesulitan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Sebaliknya guru juga bersikap egois dalam proses pembelajaran siswa yaitu guru tidak memperhatikan language interest siswa sehingga tujuan pembelajaran bahasa tidak mencapai tujuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh language interest terhadap hasil belajar bahasa asing (Arab-Inggris) siswa di Pondok Pesantren Modren Al-Abroor Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Quantitatif research yaitu mengumpulkan data penelitian dengan menyebarkan angket dan ujian kompetensi bahasa asing kepada 141 siswa sebagai sampel untuk mengetahui language interest dan hasil belajar bahasa asing siswa. Analisa data penelitian ini dengan menggunakan olah data SPSS. Dan hasil penelitian ini adalah language interest siswa di Pondok Pesantren Modren Al-Abroor Kabupaten Tapanuli Selatan lebih tinggi kepada bahasa Arab daripada kepada bahasa Inggris yaitu Language Interest bahasa Arab 0,845 > 0,396 dengan hasil belajar 63,184, sedangkan Language Interest siswa terhadapa bahasa Inggris 0,799 > 0,396 dengan hasil belajar 28,582. Language Interest mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar bahasa asing dimana angka koefisien regresi menunjukkan angka sebesar 0,150. Artinya bahwa setiap penambahan 1% tingkat language interest (X), maka hasil belajar siswa (Y) akan meningkat sebesar 0,150. Karena nilai koefisien regresi bernilai positif (+) maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa language interest (X) berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa (Y). sehingga persamaan regresinya adalah Y= 89,446 + 0,150. Maka dari analisa data diatas dapat simpulkan bahwa mengetahui language interest siswa kepada bahasa asing akan memudahkan guru untuk mengarahkan dan melaksanakan proses pembelajaran bahasa asing (Arab-Inggris).