Pengaruh model problem based learning terhadap civic skills siswa kelas V MIN 3 Tapanuli Selatan
Main Author: | Lubis, Maulana Arafat |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PGSD FIP UNIMED
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/511/1/12018-25943-1-SM.pdf http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/511/ https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/viewFile/12018/10456 |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil pengamatan awal ketika pembelajaran PPKn berlangsung di kelas V MIN 3 Tapanuli Selatan ditemukan bahwa guru menggunakan Direct Instruction dan tidak memperhatikan civic skills dalam penilaiannya, bahkan juga ditemukan bahwa sebanyak 11 dari 17 siswa (64,71%) mempunyai civic skills rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap civic skills siswa. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu total sampling, karena jumlah populasi dan sampelnya sama yaitu sebanyak 17 orang siswa kelas V di MIN 3 Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi civic skill siswa, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t (Paired Samples T-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Civic skills siswa. Temuan lain dari hasil penelitian ini bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) juga mempengaruhi dimensi kewarganegaraan lainnya seperti civic knowledge dan civic values. Dengan demikian, penelitian ini menyarankan agar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam membelajarkan PPKn