Peningkatan hasil belajar siswa dengan metode mind mapping pada mata pelajaran Fikih di madrasah ibtidaiyah
Main Author: | Lubis, Maulana Arafat |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/508/1/2239-5444-1-SM.pdf http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/508/ http://194.31.53.129/index.php/DI/article/view/2239 |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di MIN 6 Medan di fikih. Hal ini disebabkan oleh cara mengajar guru yang perlu dimodifikasi, sehingga menyebabkan siswa tidak berkeinginan mengikuti pelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MIN 6 Medan di fikih dengan menggunakan metode mind mapping. Penelitian ini menggunakan Penelitian Kelas Tindakan yang terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat garis, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dan data kuesioner digunakan untuk melihat keberhasilan penerapan metode pemetaan pikiran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa telah meningkat di mana rata-rata dalam pre-test adalah 39,04 kemudian peningkatan pada siklus post-test I adalah 75,58 dan peningkatan lagi pada post-test siklus II adalah 91,88. Persentase ketuntasan klasikal siswa adalah 4,17% pada pra-tes, 75% pada siklus pertama, dan 95,83% pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan, kesimpulannya adalah bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam fikih yang diajarkan oleh guru kepada siswa di sekolah