Pengembangan komik berbasis model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar PKn Siswa Kelas V MIN Medan Sunggal
Main Author: | Lubis, Maulana Arafat |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana UNIMED
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/501/1/12623-27285-1-SM.pdf http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/501/ https://jurnal.unimed.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) rancangan bahan ajar bentuk komik yang dikembangkan berbasis model Problem Based Learning pada mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama (2) peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar komik berbasis model problem based learning (3) efektivitas penerapan bahan ajar komik yang dikembangkan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Medan Sunggal pada semester genap Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 siswa. Siswa laki-laki berjumlah 10 orang dan siswa perempuan 13 orang. Penelitian merupakan penelitian pengembangan (Research and Develoment/R&D) model pengembangan ADDIE. ADDIE memiliki tahapan-tahapan, yakni: (1) analisis (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi (5) evaluasi.