Pengembangan bahan ajar komik untuk meningkatkan minat baca PPKn Siswa MIN Ramba Padang Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Lubis, Maulana Arafat
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Bekerjasama dengan HS-PAI Sumatera Utara , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/500/1/370-1280-1-PB.pdf
http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/500/
http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan bahan ajar komik dalam meningkatkan minat baca PPKn siswa kelas 5 (lima) MIN Ramba Padang kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan bahan ajar komik berjenis ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji kelayakan produk bahan ajar komik dilakukan melalui siklus uji coba I dan uji coba II. Temuan hasil penelitian menunjukkan: (1) bahan ajar yang dihasilkan berupa komik telah memenuhi kriteria dengan skor rata-rata validasi sebesar 95,56% atau berkategori sangat valid; (2) hasil uji coba telah diperoleh bahwa bahan ajar komik yang dikembangkan efektif dapat meningkatkan minat baca PPKn siswa kelas 5(lima) dengan skor rata-rata peningkatan yang lebih dari 23 atau berkategori tinggi; (3) uji peningkatan skor minat baca PPKn diperoleh bahwa bahan ajar komik yang dikembangkan telah meningkatkan minat baca PPKn siswa kelas 5(lima) MIN Ramba Padang sebesar 23,24 dengan kategori tinggi melalui pengukuran angket, dan sebesar 23,11 dengan kategori tinggi melalui pengukuran observasi pada uji coba I dan uji coba II