I’jaz al-Qur’an in the views of al-Zamakhsyari and Sayyid Quthb: futurologi pendidikan Islam
Main Author: | Asfiati, Asfiati |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LP2M IAIN Padangsidimpuan
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/34/1/ASFIATI.pdf http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/34/ http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/view/342 http://dx.doi.org/10.24952/fitrah.v8i1.342 |
Daftar Isi:
- Pendidikan Islam tidak pernah berhenti dalam mengatur diri sendiri terhadap perubahan dan perkembangan sesuai dengan perkembangan zaman. Untuk itu pendidikan Islam menemukan paradigma baru melalui alam yang reaktif dan defensif dari jawaban dan membela kebenaran. Dalam hal ini pendidikan Islam harus mampu membuat konsep dan mengandung nilai-nilai dasar strategis dan proaktif dan antisipatif, mendahului perkembangan masalah yang akan muncul di masa depan, juga harus mampu mempertahankan nilai-nilai dasar yang benar dan diyakini dipertahankan dan dikembangkan. Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Al-Qur'an dan Sunnah dan mampu mengembangkan kesaksian primordial kepada masyarakat dan bangsa muncul melalui pendidikan yang berfungsi sebagai media dalam mendidik anak-anak bangsa. Nilai-nilai kebijakan yang baik tidak akan lekang oleh waktu dan usia sehingga mereka dapat berperan dalam mencapai kesuksesan meskipun banyak futurolog pendidikan Islam ditemukan masalah-masalah sosial, politik, pendidikan dan dampak globalisasi dan penemuan identitas bangsa.