Turn taking in classroom oral interaction as input to second language acquisition

Main Author: Harida, Eka Sustri
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan , 2013
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/333/1/4-3-1-SM.pdf
http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/333/
http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/EEJ/article/view/4
Daftar Isi:
  • Tulisan ini menjelaskan tentang pemanfaatan giliran atau kesempatan (turn taking) dalam melakukan interaksi pembelajaran di dalam kelas dalam hal upaya memperbaiki pemerolehan bahasa bagi pelajar yang mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Penjelasan dimulai dengan konsep interaksi di dalam kelas, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pengambilan giliran atau kesempatan (turn taking), dan yang terakhir akan dibahas tentang pemerolehan bahasa kedua. Permasalahan yang akan diangkat adalah berupa kegiatan turn taking yang terjadi di dalam kelas dan mencari input bagi pemerolehan bahasa. Permasalahan di dalam kelas tentang keadaan interaksi di kelas dan agar terjadi pemerolehan bahasa yang cukup baik, maka harus adanya aturan giliran dalam berbicara, sehingga interaksi di kelas menjadi komunikatif dan terlaksana dengan baik.