Mengoptimalkan hasil belajar melalui pembelajaran remedial

Main Author: Hasibuan, Nasruddin
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Kudus , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/196/1/776-2897-1-PB.pdf
http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/196/
http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/776
Daftar Isi:
  • Istilah remedial di lembaga pendidikan formal adalah kegiatan yang terprogram. Kegiatan ini dilaksanakan oleh guru mata pelajaran dan tetap dalam pengamatan kepala sekolah. Hadiah remidi ini sebagai tanggung jawab untuk belajar melaksanakan tugas studi. Remidi di lembaga pendidikan formal, sekolah Islam dan juga sekolah umum adalah masalah yang sangat penting, karena remidi yang baik akan dapat mengantarkan siswa ke dalam proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian studi kepustakaan ini meneliti tentang cara mengoptimalkan hasil belajar dengan menggunakan remidial. Kesempatan remidi ditentukan oleh proses presentasi pelajaran sesuai dengan kurikulum yang digunakan. Banyak sekolah yang kurang memperhatikan kesempatan remidi dapat membahayakan siswa dalam pencapaian skor belajar. Remidi dalam perjalanan pembelajaran dijalankan sesuai dengan tingkat pencapaian hasil belajar siswa. Adapun prinsip remedial adalah adaptif, interaktif, intensif, fleksibel, adanya umpan balik, kesinambungan dan ketersediaan