Keterampilan Bertanya Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Pinrang

Main Author: Syaidah, Ummy
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/706/1/14.1100.140.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/706/
Daftar Isi:
  • INDONESIA : Penelitian ini membahas keterampilan bertanya guru dan keaktifan peserta didik. Penelitan ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tentang keterampilan bertanya guru dalam meningkatkan keaktifan peserta didik pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yakni penelitian yang harus terjun langsung ke lapangan untuk melihat kondisi yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan penelitian kualitatif adalah pendekatan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: keterampilan bertanya guru dalam meningkatkan keaktifan peserta didik pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Pinrang ditunjukkan dengan guru bertanya memberikan stimulus atau rangsangan seperti gambar, video dan lain-lain. Guru juga mengajukan pertanyaan dengan sistem tunjuk, sehingga peserta didik akan siap dalam merespon pertanyaan yang diajukan. Keaktifan peserta didik pada pembelajaran PAI meliputi keaktifan indra, keaktifan akal, keaktifan ingatan dan keaktifan emosi. Seorang guru jika ingin peserta didiknya aktif dalam pembelajaran maka ia memiliki keterampilan dasar bertanya dan keterampilan bertanya lanjutan. Keterampilan bertanya dasar dan lanjutan dalam mengajukan pertanyaan ada tiga jenis pertanyaan yang digunakan guru untuk mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran adalah jenis pertanyaan pengetahuan, pertanyaan pemahaman, dan pertanyaan evaluasi.