Strategi Persaingan Bisnis Café di Kota Parepare (Analisis Etika Bisnis Islam)
Main Author: | Erna, Erna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpare.ac.id/526/1/14.2200.021.pdf http://repository.iainpare.ac.id/526/ |
Daftar Isi:
- INDONESIA : Bisnis cafe saat ini semakin berkembang ditengah masyarakat, dimana cafe kini telah bertransformasi menjadi bagian dari kebiasaan ataupun bagian dari suatu gaya hidup kelompok individu. Di Kota Parepare, perkembangan bisnis Cafe semakin meningkat pesat. Persaingan antara pelaku bisnis cafepun tidak dapat dihindari, salah satu bentuk persaingan adalah dalam bentuk penggunaan strateginya seperti Produk, Pelayanan, Tempat, Harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh pemilik cafe di Kota Parepare. Bentuk persaingan bisnis yang dilakukan oleh pemilik cafe di Kota Parepare. Penerapan etika bisnis Islam pada pemilik cafe di Kota Parepare. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengamatan lingkungan menggunakan metode SWOT. (2) Persaingan mengenai produk, para pemilik café memahami secara mendetail setiap produk yang mereka miliki. Persaingan harga yang terjadi pada pemilik bisnis café di Kota Parepare adalah hal yang wajar terjadi. Persaingan tempat pada para pemilik bisnis café tidak terjadi karena pada dasarnya mereka mengatakan bahwa rejeki sudah ada yang mengatur. Persaingan pelayanan para pemilik bisnis Café di Kota Parepare mayoritas sudah baik. (3) Persaingan yang terjadi pada pemilik bisnis café di Kota Parepare sudah sesuai dengan etika bisnis Islam yang ada hal ini berdasarkan prinsip-prinsip dalam etika bisnis Islam yang telah diterapkan.