Penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XII SMAN 1 Parepare

Main Author: Azzahra, Fatima
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/480/1/16.0211.001.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/480/
Daftar Isi:
  • INDONESIA : Tesis ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XII SMAN 1 Parepare. Adapun tujuan penelitian tesis ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XII di SMA Negeri 1 Parepare dengan penerapan model pembelajaran CPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental Design. Desain yang digunakan adalah Pre-Test and Post-Test Control Group Design, instrumen penelitian adalah Tes kemampuan berpikir dan dokumentasi; Teknik pengumpulan data adalah teknik tes, dan dokumentasi; Teknik pengelolaan dan analisis data yang meliputi Statistik yang meliputi Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Hasil Penelitian ini adalah. (1) Kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan hasil post-test adalah 93,1155 sedangkan hasil pre-test pada kelas eksperimen adalah 74,7436 (2) penerapan model pembelajaran CPS, terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil Uji post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh t hitung 11,099) ≥ t tabel (1,998) (t hitung lebih besar dari t tabel) maka H0 ditolak.