Analisis etika bisnis Islam terhadap sistem pemasaran jual beli online di Kota Parepare

Main Author: Musdalifah, Musdalifah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/305/1/13.2200.030.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/305/
Daftar Isi:
  • INDONESIA : Perkembangan teknologi modern saat ini sangat mempengaruhi kegiatan manusia khususnya dalam melakukan transaksi jual beli. Salah satu media yang digunakan dalam transaksi jual beli yakni melalui media online (internet). Peran internet sebagai media komonikasi sangat memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli online. Hal ini dikarenakan koneksi jaringan yang dapat dilakukan secara cepat dan mudah serta dijangkau oleh berbagai kalangan. Problematika dalam transaksi jual beli online yang sering terjadi yakni penipuan dalam transaksi dan ketidaksesuaian barang dengan yang dicantumkan oleh pedagang di media sosial. Selain itu resiko cacat tersembunyi dari barang yang diperjual belikan juga menjadi modus terbesar dari pelaku usaha online baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Berbagai prblematika tersebut membuat penyusun tertarik untuk menganalisis bagaimana etika bisni islam dalam jual beli online di Kota Parepare. Adapun yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu: bagaiamana mekanisme pemasaran terhadap jual beli online di Kota Parepare, Bagaimana Etika Bisnis Islam terhadap Mekanisme pemasaran terhadap jual beli online di kota Parepare. Jenis penelitian yang di gunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknilk analisis datanya yaitu menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Saat ini penjual atau pelaku usaha jual beli online Kota Parepare dalam memasarkan produknya dengan cara menggunakan sosmed (sosial media). Dimana harga yang sesuai dengan kualitasnya atau ditentukan sesuai dengan harga yang ada di pasar dan transaksi yang sering dilakukan oleh penjual dan konsumen atau pembeli adalah COD ( Cash On Delivery) . 2) Sebagian penjual atau pelaku usaha telah menerapkan etika bisnis Islam dalam berdagang, dan sebagian yang lain masih belum menerapkan etika bisnis Islam tersebut. Hal ini karena masih ada diantara mereka yang menyembunyikan kualitas dan kuantitas barangnya dengan tujuan tertentu