Strategi pemasaran budidaya rumput laut dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Karaballo (analisis ekonomi syariah)
Main Author: | Pratiwi, Putri Amir |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpare.ac.id/271/1/13.2200.149.pdf http://repository.iainpare.ac.id/271/ |
Daftar Isi:
- INDONESIA : Budidaya rumput laut merupakan usaha yang bertujuan untuk menambah dan meningkatkan petani pesisir dengan cara mengendalikan perkembangan dan pemanenan rumput laut. Sistem pemasaran budidaya rumput laut di Karaballo dijual langsung ke pengumpul lokal. Namun, harga sering tidak stabil yang diberikan oleh pengumpul secara sepihak kepada petani rumput laut dan penjualan rumput laut yang dilakukan petani akan mempengaruhi tingkat kesejahteraan petani dan masyarakat di Karaballo. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Sistem budidaya rumput laut yang dikembangkan masyarakat di Karaballo adalah pengadaan dan pemilihan bibit, metode budidaya rumput laut, perawatan selama pemeliharaan,pemanenan, pengeringan hasil panen. 2) Strategi pemasaran rumput laut di Karaballo dilihat dari 2 faktor pendukung yakni faktor internal dan eksternal teridri atas peluang dan ancaman kemudian dirumuskan strategi khusus. Jika hal ini dikaitkan dengan ekonomi Islam maka hal ini sesuai dengan asas-asas ekonomi Islam yakni ketauhidan, kebermanfaatan, keadilan dan orientasi sosial.