Analisis kualitas pelayanan jasa internet pada Plasa Telkom Group Parepare perspektif etika bisnis Islam

Main Author: Kartini, Ajeng
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/255/1/13.2200.062.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/255/
Daftar Isi:
  • INDONESIA : Kualitas pelayanan pada Plasa Telkom Group Parepare dalam memberikan pelayanannya agar menciptakan kepuasan pengguna jasa internet sehingga pengguna jasa internet tetap loyal dan tidak beralih pada perusahaan lain. Salah satu tindakan untuk memuaskan pengguna jasa internet adalah dengan memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya. Pelayanan yang baik merupakan suatu kunci keberhasilan dalam perusahaan dengan memenuhi harapan dan keinginan pengguna jasa internet. Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai bagaimana bentuk pelayanan pada Plasa Telkom Group Parepare dalam melayani pengguna jasa internet, bagaimana respon pengguna jasa internet terhadap pelayanan pada Plasa Telkom Group Parepare, dan bagaimana implikasi layanan jasa internet pada Plasa Telkom Group Parepare yang akan dianalisis dari segi etika bisnis Islam. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data field research dengan pendekatan perspektif etika bisnis Islam melalui wawancara dan observasi terhadap karyawan Kantor Plasa Telkom Group Parepare dan pengguna jasa internet di Plasa Telkom Group Parepare Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pelayanan Plasa Telkom Group Parepare sudah sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam yakni, prinsip kesatuan. Respon pengguna jasa internet ada yang sesuai, dan ada pula yang tidak sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam, yakni prinsip keseimbangan dan prinsip kebenaran: kebajikan, dan kejujuran. Sedangkan implikasinya, layanan jasa internet sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam yakni prinsip bertanggungjawab.