Penggunaan Aplikasi WhatsApp sebagai Media Suplemen Pembelajaran pada Peserta Didik kelas XI SMA Negeri 1 Pamboang
Main Author: | Pahril, Pahril |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpare.ac.id/2059/1/17.0211.025.pdf http://repository.iainpare.ac.id/2059/ |
Daftar Isi:
- Tesis ini membahas tentang Penggunaan Aplikasi WhatsApp sebagai Media Suplemen Pembelajaran pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Pamboang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan dampak penggunaan WhatsApp pada peserta didik. Dengan menggunakan pendekatan mixed method desain sequential exploratory, jumlah sampel dalam penelitian ini 50 peserta didik, sedangkan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Penggunaan aplikasi WhatsApp, guru pendidikan Agama Islam dan peserta didik sama-sama menggunakan, ada 3 poin pokok dalam penggunaan WhatsApp yaitu 1. Intensive yaitu guru pendidikan Agama Islam mengirim pesen ke peserta didik dan peserta didik mengirim pesan ke guru pendidikan Agama Islam, 2. Direct questions yaitu dari peserta didik ke guru pendidikan Agama Islam, 3. Institusi Pembelajaran yaitu guru pendidikan Agama Islam ke peserta didik. 2). Penggunaan aplikasi WhatsApp sebagai suplemen pembelajaran pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pamboang ialah efektif digunakan berdasarkan uji reliabilitas instrumen yang dilakukan dengan menggunakan rumus alfa cronbach dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistik, diperoleh nilai sebesar 0,876, karna R_hitung 0,876 > R_tabel 0,279. 3). Dampak positif dan negatif penggunaan aplikasi WhatsApp pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pamboang adalah, dampak positif: a). mempermudah pertukaran dan mengirim suplemen pembelajaran, b). cepat mengetahui suplemen pembelajaran dari guru dan teman sekelas, c). lebih bersifat pribadi. Sedangkan dampak negatif: a). jarang berinteraksi langsung dengan orang lain, b). tertinggal dan terlupakannya bahasa formal, c). membagikan yang bukan termasuk suplemen pembelajaran.