Pengaruh Gezag Guru Terhadap Perilaku Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 10 Pinrang

Main Author: Salman, Salman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/2053/1/13.1100.003.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/2053/
Daftar Isi:
  • Gezag Guru adalah seseorang yang berwibawa harus memiliki kelebihan dalam merealisasikan nilai spiritual, emosional, moral, sosial, dan intelektual dalam pribadinya. Perilaku peserta didik adalah seseorang yang memiliki perilaku yang dipengaruhi oleh adat, sikap, emosi, nilai, etika, kekuasaan, persuasi, dan genetika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Gezag Guru terhadap perilaku peserta didik di kelas VII SMP Negeri 10 Pinrang. Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Adapun yang menjadi sampel penelitian sebanyak 48 orang dengan 48 populasi. Adapun teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh, hal ini dilakukan karena jumlah populasi relative kecil. Istilah lain sampel jenuh adalah sensus, dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriftif dan inferensial dengan menggunakan rumus person product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Gezag guruPendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Negeri 10 Pinrang berada pada kategori sangat tinggi, yaitu 90,50%, yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 48 responden. (2) Perilaku peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Pinrang berada pada kategori sedang, yaitu 79,60%, yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 48 responden. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan anatar Gezag guruPendidikan Agama Islam terhadap perilaku peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Pinrang, yang dibuktikan melalui hasil analisis data dari hasil angket dengan nila signifikansi r_xy = 0,992 ≥ r_tabel 0,284 pada taraf signifikan 5%. Besar pengaruhnya adalah 98,40% dalam artian bahwah 1,6% lainya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.