Pengaruh Pengunaan Media LCD dalam Pembelajaran al-Qur’an Hadis Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kleas VII MTs Negeri Parepare
Main Author: | Syamsul H, Syamsul H |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpare.ac.id/2052/1/12.1311.001.pdf http://repository.iainpare.ac.id/2052/ |
Daftar Isi:
- Media LCD merupakan media pembelajaran dengan menggunakan alat elektronik berupa layar proyektor yang berfungsi menampilkan gambar visual sebagai sarana pendidikan yang dipergunakan untuk membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tingkat mengajar. Dari sisi guru, tindak mengajar diakhiri dengan proses evaluasi hasil belajar. Dari sisi peserta didik, hasil belajar merupakan berakhirnya penggal dan puncak proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keadaan sebenarnya mengenai pengaruh penggunaan media LCD dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis terhadap hasil belajar peserta didik di kelas VII MTs Negeri Parepare. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Sampel penelitian sebesar 75 orang dengan 165 populasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus person product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan media LCD dalam pembelajaran al-Qur’an hadis kelas VII MTs Negeri Parepare berada pada kategori sedang yaitu 78.00 %, yang dibuktikan dengan menganlisis hasil angket dari 75 responden. (2) hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran al-Qur’an hadis kelas VII MTs Negeri Parepare berada pada kategori tinggi yaitu 85.80 %, yang dibuktikan dengan daftar rekap nilai yang diambil dari hasil belajar peserta didik oleh guru bidang studi al-Quran hadis setelah penerimaan rapor. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media LCD dalam pembelajaran al-Qur’an hadis kelas VII MTs Negeri Parepare, yang dibuktikan melalui analisis data dari hasil angket dan nilai hasil belajar peserta didik dengan nilai signifikansi r_xy= 0.993 > r_tabel= 0.227, besar pengaruhnya adalah 98.60 %, dalam artian bahwa 1.4 % lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati di dalam penelitian ini.