Peranan Kegiatan Pembelajaran Halaqah di Lingkungan Pesantren dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas XI Di Pondok Pesantren Al-Mubarak DDI Tobarakka

Main Author: Ningsi A, Sriwahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/2043/1/15.1200.039.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/2043/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran halaqah dilingkungan pesantren, dan bagaimana minat belajar peserta didik terhadap bahasa Arab, untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana peranannya kegiatan pembelajaran halaqah dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab peserta didik kelas XI di Pondok Pesantren Al-Mubarak DDI Tobarakka. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data model Miles dan Hubermen yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau Verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Proses pembelajaran halaqah di lingkungan pesantren Al-Mubarak DDI Tobarakka berjalan dengan baik karena peserta didik sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. kegiatan pembelajaran halaqah, yang memberikan ruang kepada peserta didik yang mau meningkatkan pengetahuan bahasa Arab. 2) Minat belajar bahasa Arab peserta didik kelas XI dinilai sangat bagus dan dinilai cukup kuat, terlihat dari sikap dan antusias setipa kali belajar bahasa Arab. 3) Peranan kegiatan pembelajaran halaqah di lingkungan pesantren dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab peserta didik kelas XI Di Pondok Pesantren Al-Mubarak DDI Tobarakka. Berdasarkan peranannya pembelajaran halaqah ini, dinilai bagus dan efektif dikarenakan interaktif dengan peserta didik dengan modelnya yang melingkar sehingga fokus peserta didik juga terarah, adapun peranannya: sebagai pendorong agar peserta didik mampu memahami kaedah-kaedah dasar bahasa Arab seperti Mubtada khabar, jumlah fi’liyah, isim kaana, isim inna, naibul fa’il, peserta didik jadi lebih aktif dalam belajar bahasa Arab, peserta didik senang belajar bersama, membantu mengembangkan pengetahuan bahasa Arab peserta didik.