Pengaruh Pemahaman Nilai-Nilai Ajaran Islam Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di Smp Negeri 2 Maiwa Desa Tuncung Kec. Maiwa Kab. Enrekang

Main Author: Asmawati. M, Asmawati. M
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/2015/1/15.1100.103.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/2015/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas pengaruh pemahaman nilai-nilai ajaran Islam terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP Negeri 2 Maiwa Desa Tuncung Kec. Maiwa Kab. Enrekang. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pemahaman nilai-nilai ajaran Islam peserta didik di SMP Negeri 2 Maiwa Desa Tuncung Kec. Maiwa Kab. Enrekang? (2) Bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP Negeri 2 Maiwa Desa Tuncung Kec. Maiwa Kab. Enrekang? (3) Adakah pengaruh pemahaman nilai-nilai ajaran Islam terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP Negeri 2 Maiwa Desa Tuncung Kec. Maiwa Kab. Enrekang? Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Maiwa Desa Tuncung Kec. Maiwa Kab. Enrekang. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, angket/kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Maiwa yang berjumlah 144 peserta didik kemudian sampel diambil menggunakan rumus slovin secara acak sebanyak 59 responden. Dari hasil perhitungan data pemahaman nilai-nilai ajaran Islam peserta didik (X) di SMP Negeri 2 Maiwa, diperoleh nilai dalam kategori “sedang”. Dengan nilai rata-rata (mean) 39,78 yang terletak pada interval 38 – 41. Dari perolehan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik (Y) di SMP Negeri 2 Maiwa, diperoleh nilai dalam kategori “sedang”. Dengan nilai rata-rata (mean) 83,29 yang terletak pada interval 80 – 85. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan korelasi product moment diketahui bahwa nilai rhitung sebesar 0,937 lebih besar dari rtabel 0,2564, Selanjutnya dilihat dari nilai sig sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka signifikan. Diketahui bahwa nilai rhitung sebesar 0,937, maka tingkat korelasi kedua variabel tersebut berada dalam kategori “sangat kuat” yakni 0,80 – 0,100. Sedangkan pengujian uji T diperoleh thitung 20,194 lebih besar dari ttabel 1,672, kemudian dari nilai sig diperoleh 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pemahaman nilai-nilai ajaran Islam (X) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik (Y) di SMP Negeri 2 Maiwa Desa Tuncung Kec. Maiwa Kab. Enrekang.