Persepsi Ulama dan Umara terhadap eksistensi Bank Syariah di Kabupaten Sidrap

Main Author: As'ad, Muhammad Dahlan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1967/1/16.0224.003.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1967/
Daftar Isi:
  • Tesis ini membahas tentang persepsi ulama dan umara di kabupaten Sidrap tentang eksistensi perbankan syariah. Adapun tujuan penelitian tesis ini adalah untuk memperoleh data empiris persepsi ulama dan umara tentang bank syariah dan eksistensi perbankan syariah serta peluang dan tantangan perbankan syariah di kabupaten Sidrap. Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris. Paradigma penelitian adalah naturalism. Sumber data primer adalah ulama dan umara di kabupaten Sidrap sedangkan data sekunder adalah buku-buku ilmiah, jurnal dan tesis. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan alat pengumpulan data yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, alat dokumentasi dan field note. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengujian keabsahan data yaitu menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1). Keberadaan perbankan syariah dikabupaten Sidrap semakin menonjol dengan beroperasinya bank yang menjalankan sistem syariah di kabupaten Sidrap, meskipun demikian anggapan masyarakat tentang sistem perbankan syariah masih kurang dengan anggapan bahwa perbankan syariah dan perbankan konvensional tidak jauh berbeda (2) Ulama dan umara sangat mengharapkan akan konsistensi dan keseriusahan perbankan syariah dalam melakukan promosi produk dan pengadaan pasilitas layanan perbankan di kabupaten Sidrap untuk menunjang transaksi masyarakat khususnya di daerah-daerah. (3) kabupaten Sidrap yang notabene masyarakat beragama Islam sangat berpeluang untuk mengambangakan usahanya meski tantangan yang dihadapi tidak mudah dengan mengubah persepsi masyarakat yang kurang baik terhadap perbankan syariah melalui promosi dan pemahaman terhadap masyarakat tentang produk-produk perbankan syariah melalui ulama dan umara.