Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an peserta didik di SMP Negeri 2 Lembang Kabupaten Pinrang

Main Author: Sarmila, Sarmila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1828/1/15.1100.107.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1828/
Daftar Isi:
  • Secara umum peran guru pendidikan agama islam mempunyai pengertian merupakan aspek dinamis kedudukan (status), apabila melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya. Kesulitan membaca merupakan suatu kondisi proses membaca yang terganggu yang ditandai adanya hambatan-hambatan atau kendala-kendala tertentu untuk mencapai hasil membaca yang baik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan bacaan al-Qur’an peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Lembang, peserta didik sangat senang untuk mengikuti pembelajaran namun pada saat pembelajaran dimulai peserta didik kurang memperhatikan pembelajaran, (2) Bentuk-bentuk kesulitan membaca al-Qur’an yang dialami peserta didik Kelas VII di SMP Negeri 2 Lembang yaitu: Sulit mengenal huruf-huruf hijayyah, penguasaan ilmu tajwid jika sudah diterapkan di dalam al-Qur’an, pengenalan tanda baca dan yang terakhir kelancaran dalam membaca al-Qur’an, (3) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Lembang Kebupaten pinrang, yaitu: 1.Peran guru sebagai pengajar yaitu a) mengadakan tadarrus al-qur’an 5-10 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, b) pemberian tugas yang dapat merangsang kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an. 2. Guru sebagai motivator yaitu dengan mengadakan pembelajaran di luar kelas.