Analisis Isi Pesan Dakwah Pada Media Sosial Instagram Kartun Muslimah

Main Author: Burhanuddin, Ayu Asnani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1791/1/15.3100.001.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1791/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat, salah satu media yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan dakwah yaitu Instagram. Akun kartun muslimah merupakan salah satu akun yang bergerak dalam bidang dakwah dengan melakukan postingan dakwah melalui gambar berlatar animasi kartun tiap harinya untuk menyampaikan serta menyebarkan informasi melalui media sosial. Hal tersebut menjadi peluang dakwah dalam menyampaikan ajaran agama islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi pesan dakwah yang terkandung pada konten akun kartun muslimah dan untuk mengetahui respon/feedback pada kolom komentar kartun muslimah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualiatif, Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Proses analisis pada penelitian ini melalui dua tahap yaitu dengan menganalisis pesan dakwah dari pesan aqidah, syariah dan akhlak. Selanjutnya analisis pesan dakwah dengan mempertimbangkan faktor like dan komentar terbanyak pada kolom komentar kartun muslimah dengan menggunakan teori agenda setting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan dakwah melalui instagram dalam kategori akidah, syariah, dan akhlak mengandung ajakan untuk berbuat kebaikan serta senantiasa memperingati pada masalah dunia dan akhirat. Adapun respon atau komentar dari mad’u dalam hal ini followers yakni terdapat respon positif tanpa settingan. Dengan menggunakan teori agenda setting terkait memberikan nasehat efek langsung dan efek lanjutan menimbulkan respon yang positif dari kategori akidah, syariah, dan akhlak sehingga pesan dapat di terima denaganoleh Followers dengan resprensif.