Strategi Komunikasi Persuasif Pembina dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren DDI Takkalasi

Main Author: Zafitri, Zulfiana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1784/1/15.3100.071.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1784/
Daftar Isi:
  • Komunikasi persuasif adalah suatu proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan untuk mengubah kepercayaan, sikap, dan perilaku dengan mempengaruhi aspek-aspek psikologis komunikan. Jadi artinya suatu informasi yang berpesan yang mempengaruhi oleh komunikan serta bertujuan dalam kebaikan. Pada dasarnya komunikasi persuasif dalam membentuk karakter santri bertujuan untuk mengajak hal-hal yang baik dilakukan dan sesuai al-qur’an dan hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif pembina dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren DDI Takkalasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi keabsahan data dengan analisis melalui pengumpulan data dan penyajian data. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa, bentuk karakter santri yang diharapkan sesuai dengan misi Pondok Pesantren DDI Takkalasi yaitu mengantarkan para santri pada kemantapan aqidah, penguasaan ilmu, keluhuran akhlaq, kedewasaan bersikap, dan mandiri. Strategi komunikasi persuasif pembinaan karakter santri di Pondok Pesantren DDI Takkalasi ditunjukkan dengan melakukan berbagai metode diantaranya metode integrasi, metode tatanan dan metode ganjaran dalam membina santri guna membentuk karakter santri yang beraqidah, mampu menguasai ilmu, keluhuran akhlaq, kedewasaan bersikap dan mandiri.