Pengaruh Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Peserta didik di MA DDI Kaballangang Kabupaten Pinrang

Main Author: Irwandi, Adi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1771/1/15.1100.098.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1771/
Daftar Isi:
  • Metode pembelajaran adalah suatu proses penyampaian materi pembelajaran kepada peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan teratur oleh pendidik, sehingga tujuan pembelajaran yang telah di tetapkan dapat tercapai dengan baik. Metode pembelajaran caca tulis Al-Qur’an adalah metode yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan tujuan agar peserta didik bisa membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah kesanggupan yang dimiliki peserta didik dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar serta memahami bacaan Al-Qur’an untuk memperoleh pesan yang terkandung di dalam Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran baca tulis al-qur'an terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an peserta didik di MA DDI Kaballangang Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Jumlah sampel sebanyak 61 responden dari 156 jumlah populasi siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif dan inverensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode pembelajaran baca tulis Al-Qur'an paling tinggi 79% dari yang diharapkan. 2) Kemampuan membaca Al-Qur'an peserta didik paling tinggi 68% dari yang diharapkan. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran baca tulis Al-Qur'an terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an peserta didik di MA DDI Kaballangang Kabupaten Pinrang yang dibuktikan melalui analisis data hasil angket dengan perolehan nilai signifikansi 0,013 ≤ 0,05. Besarnya pengaruh antara metode pembelajaran baca tulis Al-Qur'an terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an peserta didik adalah 9,9%. Dalam artian bahwa 90,1% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.