Hubungan bimbingan belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMA Negeri 5 Parepare

Main Author: Sinar, Sinar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1759/1/15.1100.115.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1759/
Daftar Isi:
  • Bimbingan belajar adalahsuatu proses pemberian bantuan dari guru pembimbing kepada siswa dengan cara mengembangkan suasana belajar yang kondusif dan menumbuhkan kemampuan agar siswa dapat mengatasi kesulitan belajar yang mungkin dihadapinya sehingga mencapai hasil belajar yang optimal. Dengan penerapan bimbingan belajar yang baik dan efektif, pesan atau ilmu yang disampaikan kepada peserta didik dapat diterima dengan baik utamanya pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Adapun sampel penelitian sebanyak 79 peserta didikdari 99 peserta didik yang menjadi populasi dalam mengambil sampel peneliti menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus korelasi produk moment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMA Negeri 5 Parepare. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kecenderungan variabel bimbingan belajar PAI berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 65 peserta didik (82,30%) dari jumlah sampel sebanyak 79 peserta didik. (2) prestasi belajar peserta didik lebih cenderung pada kategori baik yaitu sebanyak 53 peserta didik 67.1% dari jumlah sampel yang berjumlah 79 peserta didik.(3) Tidak terdapathubungan yang signifikansi bimbingan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang dibuktikan (p= 0,058 > 0,05), walaupun demikian berdasarkan tabel interpretasi korelasi tetap ada hubungan walaupun rendah.