Persaingan Harga di Pasar Teppo Kab.Pinrang (Analisis Etika Bisnis Islam)
Main Author: | Megawati, Megawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpare.ac.id/1735/1/15.2200.041.pdf http://repository.iainpare.ac.id/1735/ |
Daftar Isi:
- Persaingan merupakan organisasi atau perorangan berlomba untuk mencapai tujuan yang diinginkan, seperti adanya persaingan harga yang terjadi di pasar Teppo Kab. Pinrang, para pedagang bersaing untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya agar lebih diminati oleh konsumen, serta bersaing dalam memainkan harga suatu barang sehingga antar sesama pedagang terjadi adanya persaingan yaitu persaingan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk persaingan dan perilaku pedagang di pasar Teppo Kab. Pinrang menurut etika bisnis Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tekhnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Mekanisme penetapan harga di pasar Teppo Kab. Pinrang berdasarkan pada harga jual dan minat pembeli/konsumen, dimana pedagang akan menetapkan harga diatas harga normal yang diberikan oleh toko distributor dan kemudian pedagang akan menjual dengan mengambil keuntungan diatas harga modal tersebut. Adapun aspek-aspek yang diperhatikan dalam persaingan harga yaitu jenis produk, kualitas, dan penetapan harga. 2) Persaingan harga di pasar Teppo Kab. Pinrang menurut etika bisnis Islam prinsip yang telah diterapkan pedagang yaitu prinsip kesatuan (Utility), kebenaran, kehendak bebas (Free Will), tanggung jawab(Responsibility) dan juga prinsip kejujuran. Sedangkan prinsip etika bisnis Islam yang belum diterapkan oleh beberapa pedagang yaitu prinsip kebenaran dan keseimbangan (Equilibrium).