Resiliensi Matematik Siswa Sekolah Dasar Melalui Edukasi VBA di Masa New Normal
Main Authors: | Linda, Linda, Fitriani, Nelly, Bernard, Martin |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
IAINPAREPARE Nusantara Press
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpare.ac.id/1710/1/Linda%2C%20dkk.pdf http://repository.iainpare.ac.id/1710/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat dan menelaah resiliensi siswa yang menggunakan pembelajaran matematika berbasis Visual Basic Application (VBA) for Microsoft Excel pada masa new normal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, teknik pengambilan data secara daring. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Dasar. Sampel diambil secara purposive sampling yaitu siswa SDN Baros Mandiri 5 di salah satu sekolah di Kota Cimahi sebanyak 33 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket resiliensi matematik dan wawancara. Pengisian angket melalui google form, sedangkan wawancara dilakukan melalui zoom meeting. Hasil yang diperoleh yaitu sebesar 36,37% siswa sudah memiliki resiliensi yang baik melalui edukasi VBA. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa edukasi VBA for Microsoft Excel sangat mendukung resiliensi matematik siswa SD. Berdasarkan hal tersebut, edukasi VBA for Excel sangat baik untuk dikembangkan dan bisa membantu guru untuk mengajarkan konsep matematika, khususnya bagi guru yang berlatarbelakang bukan dari jurusan matematik sehingga efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.