Tantangan Lembaga Pendidikan Tinggi Islam Pasca Pandemi COVID-19

Main Author: Suriadi, Suriadi
Format: BookSection PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: IAINPAREPARE Nusantara Press , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1701/1/Suriadi.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1701/
Daftar Isi:
  • Artikel ini membahas tentang tantangan lembaga pendidikan tinggi Islam pasca pandemi covid 19. Kajian ini mencoba untuk mendeskripsikan beberapa tantangan lembaga pendidikan Islam selama pandemi covid. Wabah global telah melanda dunia, ternyata telah berdampak pada segala sektor baik ekonomi, sosial kemasyarakatan, budaya dan pendidikan. Dalam aspek pendidikan covid 19 ini telah memberikan wajah baru terhadap dunia pendidikan lebih khusus pada lembaga pendidikan Islam. Kajian ini mencoba mengemukakan beberapa tantangan yang dihadapi lembaga pendidikan Islam formal harus dihadapi serta segera dicarikan solusinya. Untuk mengantisipasinya maka dilakukan upaya strategis, antara lain; tujuan pendidikan dimasa sekarang tidak cukup hanya dengan memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, keimanan dan ketakwaan saja. Tetapi juga harus diarahkan pada upaya melahirkan manusia yang kreatif, inovatif, mandiri, dan produktif, mengingat dunia yang akan datang adalah dunia yang kompetitif (dunia yang penuh persaingan).