Penggunaan Metode Blended Learning di Perguruan Tinggi Menuju New Normal
Main Authors: | Junaidi, Junaidi, Merta, M. Martindo |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
IAINPAREPARE Nusantara Press
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpare.ac.id/1694/1/Junaidi%2C%20dkk.pdf http://repository.iainpare.ac.id/1694/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran secara daring diimplementasikan dengan beragam cara oleh pendidik di tengah penutupan sekolah/perguruan tinggi untuk mengantisipasi virus corona. Implementasi itu dinilai tidak maksimal dan menunjukkan masih ada ketidaksiapan di kalangan pendidik untuk beradaptasi di iklim digital. Selama ini pembelajaran online hanya sebagai konsep, sebagai perangkat teknis, belum sebagai cara berpikir, sebagai paradigma pembelajaran. Padahal, pembelajaran online bukan metode untuk mengubah belajar tatap muka dengan aplikasi digital, bukan pula membebani siswa dengan tugas yang bertumpuk setiap hari. Pembelajaran secara online dapat mendorong siswa menjadi kreatif mengakses sebanyak mungkin sumber pengetahuan, menghasilkan karya, mengasah wawasan dan ujungnya membentuk siswa menjadi pembelajar sepanjang hayat. Di tengah pandemi Covid-19 ini, sistem pendidikan harus dapat disiapkan untuk melakukan transformasi pembelajaran daring bagi semua siswa dan semua pendidik. Untuk memasuki era baru dalam membangun kreatifitas, mengasah skill siswa dan pendidik, dan peningkatan kualitas diri dengan perubahan sistem, cara pandang dan pola interaksi dengan teknologi.