Revitalisasi Kebun Raya Jompie dalam Meningkatkan Minat Wisata Masyarakat Kota Parepare (Analisis Ekonomi Islam)

Main Author: Sainal S, Muh.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1615/1/14.2200.091.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1615/
Daftar Isi:
  • Kebun Raya Jompie adalah kawasan hijau yang berfungsi sebagai paru-paru kota, objek wisata, kawasan pelestarian alam, dan tempat penelitian bidang biologi/botani. Sementara itu, kawasan disekitarnya merupakan daerah perkampungan yang padat penduduk. Sejumlah 58 rumah (kepala keluarga) yang menghuni kawasan hutan jompie telah berhasil dipindahkan keluar dari kawasan. Revitalisasi Kebun Raya Jompie dilakukan agar dapat menghidupkan kembali Kebun Raya Jompie (Hutan Jompie) dengan menambah beberapa fasilitas sehingga membuat minat wisata masyarakat Kota Parepare maupun wisatawan dari luar daerah Parepare untuk berkunjung kesana meningkat. Setelah direvitalisasi, kebun raya jompie telah mengalami peningkatan wisatawan, akan tetapi seiring berjalannya waktu mengalami penurunan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, adalah suatu penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung pada saat ini atau saat yang lampau. Intinya, penelitian ini berupaya menggambarkan kondisi faktual yang diperoleh dari hasil pengolahan data secara kualitatif melalui observasi peneliti terhadap Pemerintah Daerah (Dinas Lingkungan Hidup) dan wisatawan yang berkunjung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Bentuk-bentuk revitalisasi kebun raya jompie yang difasilitasi oleh pihak Pemerintah Daerah adalah gerbang utama, tempat parkir, boulevard, taman hias, gedung konservasi, menara pandang, gedung pengelola, toilet, taman palem, taman terasering, rumah kompos, rumah pembibitan permanen, gerbang samping, rumah kaca, rumah pembibitan semipermanen, rumah anggrek, rumah permanen tanaman merambat, dan taman kering. 2) Strategi pemasaran dalam rangka meningkatkan minat kunjungan wisatawan Kebun Raya Jompie Parepare ada empat elemen bauran pemasaran yang digunakan yaitu product, price, place, dan promotion.