Penggunaan Komunikasi Non Verbal untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surah Al-Ikhlas pada Peserta Didik Kelas II MI DDI Teppo Pinrang

Main Author: Sarifah, Sarifah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1521/1/16.0211.021.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1521/
Daftar Isi:
  • Tesis ini membahas tentang Penggunaan Komunikasi Non Verbal Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surah al Ikhlas pada Peserta Didik Kelas II MI DDI Teppo Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan komunikasi non verbal untuk meningkatkan kemampuan menghafal surah al Ikhlas pada peserta didik Kelas II MI DDI Teppo Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Classroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi yang menjadi tempat penelitian ini adalah MI DDI Teppo Kabupaten Pinrang. Hasil penelitian menunjukkan, a) Langkah-langkah untuk meningkatkan kemampuan menghafal surah al ikhlas peserta didik kelas II MI DDI Teppo Kabupaten Pinrang melalui penggunaan komunikasi non verbal yang meliputi gerakan tubuh (kinestetik), ekspresi wajah dan isyarat lainnya (body image). b) Hasil penerapan komunikasi non verbal dalam meningkatkan kemampuan menghafal surah al Ikhlas pada peserta didik di Kelas II MI DDI Teppo Pinrang telah berhasil dan mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata pada setiap siklus yang mengalami peningkatan, yaitu siklus I sebesar 6,34, kemudian pada siklus II sebesar 7,5, dan siklus III sebesar 8,54. c) Kemampuan menghafal surah al Ikhlas pada peserta didik melalui menggunakan komunikasi non verbal mengalami peningkatan yang signifikan dari perolehan nilai rata-rata yang setiap siklusnya. Penggunaan komunikasi non verbal efektif dalam meningkatkan kemampuan menghafal surah al Ikhlas pada peserta didik kelas II MI DDI Teppo Kabupaten Pinrang.