Penerapan Pembelajaran Kolaboratif dalam Meningkatkan Penguasaan Materi Fiqih Peserta Didik Kelas IX di MTs DDI Lero Kabupaten Pinrang
Main Author: | Haerah, Haerah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpare.ac.id/1479/1/16.0211.008.pdf http://repository.iainpare.ac.id/1479/ |
Daftar Isi:
- Tesis ini berjudul “Penerapan Pembelajaran Kolaboratif dalam Meningkatkan Penguasaan Materi Fiqih Peserta Didik Kelas IX Di MTs DDI Lero Kabupaten Pinrang”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Penerapan pembelajaran kolaboratif pada materi Fiqih bagi peserta didik kelas IX di MTs DDI Lero Kabupaten Pinrang; (2) Penguasaan materi Fiqih. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menganalisis data lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan teologis normatif, yuridis,dan pedagogis. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan penelusuran referensi dan penelitian lapangan yang memakai observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pembelajaran kolaboratif pada kelas IX MTs DDI Lero dilaksanakan sesuai dengan prosedur pembelajaran, yaitu melalui proses input, proses dan output ketercapaian materi pembelajaran. (2) Pembelajaran kolaboratif yang telah dilaksanakan pada peserta didik kelas IX MTs DDI Lero tipe diskusi dan role play, memiliki dampak penguasaan mata pelajaran fiqih. Hasil penilaian diolah guru fiqih untuk menjadi pelaporan dan mengukur keberhasilan belajar peserta didik.