Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Suppa Kab. Pinrang

Main Author: Mustika, Mustika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1461/1/14.1100.074.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1461/
Daftar Isi:
  • Karakter merupakan sifat dasar yang ada pada setiap individu. Setiap manusia diberi kelebihan dan kekurangan oleh Allah SWT berupa akal dan bimbingan agama agar menjadikan manusia sebagai makhluk Allah yang paling sempurna. Akan tetapi di era globalisasi saat ini, nilai-nilai karakter semakin hilang, seperti kejujuran, kesantunan dalam berbahasa dan kedisiplinan. Oleh karena itu, harus ada usaha untuk mengembalikan nilai-nilai karakter tersebut. Dalam dunia pendidikan, guru memiliki tanggung jawab yang besar, khususnya guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk menghasilkan generasi yang berkarakter baik. Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Suppa Kab.Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Suppa Kab. Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuantitatif asosiatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu angket, obsevasi dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif dan infrensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Suppa Kab. Pinrang berada pada kategori baik yaitu 82% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 62 responden (2) Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Suppa Kab. Pinrang berada pada kategori sangat baik yaitu 89% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 62 responden (3) terdapat pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Suppa Kab. Pinrang yang dibuktikan melalui uji hipotesis dengan nilai signifikan 0.000 ≤ 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa H_a diterima dan H_0 ditolak, serta berdasarkan uji pengaruh yang telah dilakukan bahwa besarnya pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik 38,4% dalam artian bahwa 61,6% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.