Pengaruh Penggunaan Metode Inquiry dan Metode Ceramah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI di SMA N 8 Pinrang

Main Author: Sahrul, Sahrul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1454/1/15.1100.162.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1454/
Daftar Isi:
  • Metode inquiry ialah Metode inquiry adalah suatu proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, guru tidak perlu menjelaskan seluruh informasi kepada siswa. Guru perlu membimbing suasana belajar siswa sehingga mencerminkan proses penemuan bagi siswa. Materi yang disajikan bukan berupa informasi, akan tetapi siswa diberi kesempatan untuk mencari dan menemukan informasi dari bahan ajar yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran inquiry dalam pembelajaran PAI SMA N 8 Pinrang, mengetahui pengaruh penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran PAI SMA N 8 Pinrang, mengetahui apakah terdapat perbedaan antara siswa yang menggunakan metode inquiry dengan siswa yang menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMA N 8 Pinrang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dalam bentuk Tru experimental dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, pengujian persyaratan analisis data dan analisis inferensial (pengujian hipotesis). Hasil kajian menunjukkan bahwa: 1) metode inquiry mempunyai pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI SMA N 8 Pinrang ini dibuktikan berdasarkan angka Sig. (2-tailed) = 0,000 ≤ α = 0,05, 2) metode ceramah mempunyai pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI SMA N 8 Pinrang hal ini dapat dibuktikan berdasarkan angka Sig. (2-tailed) = 0,000 ≤ α = 0,05, 3) terdapat perbedaan antara siswa yang menggunakan metode inquiry dengan siswa yang menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMA N 8 Pinrang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI yang diajar dengan menggunakan metode inquiry lebih tinggi atau lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode ceramah hal ini dapat diketahui melalui tabel Equal variances assumed dimana pada kolom bagian t-test for equality of means diperoleh harga t = 3,293 dengan df = 58 serta sig (2-tailed) = 0,002 ≤ α = 0,05.