Pengaruh Metode Inquiri Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Arab Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Parepare
Main Author: | Sulkahfi, Sulkahfi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpare.ac.id/1396/1/14.1200.015.pdf http://repository.iainpare.ac.id/1396/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas dua variabel yaitu metode Inquiri dan motivasi belajar. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimana penggunaan metode Inquiri dalam pembelajaran bahasa Arab kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Parepare? (2) bagaimana motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Parepare? (3) Adakah pengaruh metode Inquiri terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Parepare? Penelitianinimenggunakandesainpenelitiankuantitatif korelasional, dengan populasi 61 orang dan menggunakan teknikpengambilansampelyaitu total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan angket. Untuk memperoleh data variabel X yaitu pengaruh metode Inquiri dengan menggunakan angket tertutup, untuk memperoleh data variabel Y yaitu motivasi belajar bahasa Arab dengan menggunakan angket tertutup. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial, untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan korelasi product moment. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: Hasil perhitungan, diperoleh rhitung = 0.996 ≥ rtabel = 0.236, sehingga dinyatakan bahwa H0 ditolak, dan Ha diterima. Berartiterdapathubunganpositif yang signifikanantaravariabel X denganvariabel Y. Sehinggadapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruh penggunaan metode Inquiri terhadap peningkatan motivasi belajar bahasa Arab kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Parepare.