Strategi Pemasaran terhadap Persaingan Bisnis Udang di Kec. Suppa Kab. Pinrang (Perspektif Hukum Ekonomi Syariah)

Main Author: Fahrizal, Fahrizal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1356/1/15.2200.057.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1356/
ctrlnum 1356
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpare.ac.id/1356/</relation><title>Strategi Pemasaran terhadap Persaingan Bisnis Udang di Kec. Suppa Kab. Pinrang (Perspektif Hukum Ekonomi Syariah)</title><creator>Fahrizal, Fahrizal</creator><subject>18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial &amp; Contract Law) not elsewhere classified</subject><description>Masalah yang akan dibahas penulis atau peneliti dalam skripsi ini adalah bagaiman strategi pemasaran dalam melayani pelanggan, bagaiman persaingan yang dihadapi pedagang, dan bagaimana strategi pemasaran pedagang terhadap persaingan bisnis berdasarkan Hukum Ekonomi Syariah.&#xD; &#xD; Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dan pendekatan normatif. Sumber data yang digunakan yakni data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.&#xD; &#xD; Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Persaingan para pedagang udang yaitu dari segi harga dan bisa dikatakan persaingan tersebut sehat, karena tidak ada pedagang yang merasa dirugikan ataupun melakukan praktik-praktik yang menyimpang dengan aturan Islam. 2) Strategi pemasaran dalam melayani pelanggan seperti tidak memilih-milih pelanggan, memberikan udang dengan kualitas terbaik dan langsung mengantarkannya kepada pemesan. Selain itu memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan dan bersikap ramah serta konsep pemasaran yang telah sesuai dengan konsep pemasaran pada umumnya. 3) Dalam perspektif Hukum Ekonomi Syariah sudah dijalankan dengan cukup baik, seperti bersaing dengan sehat tanpa ada yang dirugikan, setiap melakukan transaksi dengan selalu bersikap jujur, percaya dan selalu bekerja sama, serta memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk memilih pedagang yang diinginkan tanpa memaksa dan berbuat curang.</description><date>2020-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>http://repository.iainpare.ac.id/1356/1/15.2200.057.pdf</identifier><identifier> Fahrizal, Fahrizal (2020) Strategi Pemasaran terhadap Persaingan Bisnis Udang di Kec. Suppa Kab. Pinrang (Perspektif Hukum Ekonomi Syariah). Undergraduate thesis, IAIN Parepare. </identifier><recordID>1356</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fahrizal, Fahrizal
title Strategi Pemasaran terhadap Persaingan Bisnis Udang di Kec. Suppa Kab. Pinrang (Perspektif Hukum Ekonomi Syariah)
publishDate 2020
topic 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
url http://repository.iainpare.ac.id/1356/1/15.2200.057.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1356/
contents Masalah yang akan dibahas penulis atau peneliti dalam skripsi ini adalah bagaiman strategi pemasaran dalam melayani pelanggan, bagaiman persaingan yang dihadapi pedagang, dan bagaimana strategi pemasaran pedagang terhadap persaingan bisnis berdasarkan Hukum Ekonomi Syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dan pendekatan normatif. Sumber data yang digunakan yakni data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Persaingan para pedagang udang yaitu dari segi harga dan bisa dikatakan persaingan tersebut sehat, karena tidak ada pedagang yang merasa dirugikan ataupun melakukan praktik-praktik yang menyimpang dengan aturan Islam. 2) Strategi pemasaran dalam melayani pelanggan seperti tidak memilih-milih pelanggan, memberikan udang dengan kualitas terbaik dan langsung mengantarkannya kepada pemesan. Selain itu memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan dan bersikap ramah serta konsep pemasaran yang telah sesuai dengan konsep pemasaran pada umumnya. 3) Dalam perspektif Hukum Ekonomi Syariah sudah dijalankan dengan cukup baik, seperti bersaing dengan sehat tanpa ada yang dirugikan, setiap melakukan transaksi dengan selalu bersikap jujur, percaya dan selalu bekerja sama, serta memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk memilih pedagang yang diinginkan tanpa memaksa dan berbuat curang.
id IOS14680.1356
institution INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PAREPARE
institution_id 5252
institution_type library:university
library
library PERPUSTAKAAN IAIN PAREPARE
library_id 4007
collection REPOSITORY IAIN PAREPARE
repository_id 14680
subject_area Education and Related Topics/Pendidikan, Penelitian dan Topik Terkait tentang Perpustakaan
Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Law and Bases of Morality/Hukum dan Moral Dasar
Communication Psychology/Psikologi Komunikasi
city KOTA PARE PARE
province SULAWESI SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS14680
first_indexed 2020-11-06T14:32:33Z
last_indexed 2020-11-06T14:32:33Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686914015047974912
score 17.538404