Pengaruh penerapan metode hafalan dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis terhadap minat belajar peserta didik kelas XI pada MAN Wajo
Main Author: | Dianti, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpare.ac.id/1348/1/14.1100.011.pdf http://repository.iainpare.ac.id/1348/ |
Daftar Isi:
- Metode hafalan merupakan salah satu teknik yang digunakan oleh pendidik dalam menyerukan peserta didiknya untuk menghafalkan sesuatu baik itu dalam bentuk kata, kalimat, maupun kaidah-kaidah yang berkaitan dengan pembelajaran. Pembelajaran disini yang dimaksudkan ialan pembelajaran al-Qur,an Hadis pada kelas XI di MAN Wajo. Sedangkan minat belajar peseta didik merupakan salah satu sikap yang harus ada pada diri peserta didik dan suatu perasaan senang serta tertarik yang timbul dalam diri individu terhadap suatu obyek tertentu, sehingga ia dengan senantiasa memperhatikan dan mencari tahu mengenai objek tersebut. Adapun minat yang dimaksudkan disini yaitu minat belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik pada kelas XI di MAN Wajo. Penelitian ini bertujuan mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara penerapan metode hafalan dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis terhadap minat belajar peserta didik kelas XI pada MAN Wajo. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan dengan menggunakan metode survey. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriftif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan metode hafalan jatuh pada daerah penerimaan H0 (-21.801 3.05) maka H0 diterima dan H1 ditolak.. (2) minat belajar peserta jatuh pada daerah penerimaan H0 (-22.28 3.05) maka H0 diterima dan H1 ditolak. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode hafalan terhadap minat belajar peserta didik, yang dibuktikan melalui hasil analisis data menunjukkan hasil perhitungan manual thitung= 2.757 ttabel = 1.525. Selain itu dari output nilai R Square atau r2 diperoleh 0.111. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh penerapan metode hafalan dalam pembelajaran al-Qur’an (X) terhadap minat belajar peserta didik (Y) sebesar 11.1%, sedangkan 88.9 % minat belajar peserta didik di Man Wajo dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.