Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Memilih Tabungan Mudharabah (Studi Nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah KCP Pinrang)

Main Author: Fatimah, Fatimah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1330/1/14.2300.018.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1330/
ctrlnum 1330
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpare.ac.id/1330/</relation><title>Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Memilih Tabungan Mudharabah (Studi Nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah KCP Pinrang)</title><creator>Fatimah, Fatimah</creator><subject>1502 Banking, Finance and Investment</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk&#x2013;bentuk pelayanan di BRI Syariah KCP Pinrang dan pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan memilih tabungan mudharabah. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan memilih tabungan mudharabah.&#xD; &#xD; Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BRI Syariah KCP Pinrang khususnya sebagai nasabah tabungan mudharabah. Sampel penelitian ini adalah beberapa nasabah tabungan mudharabah dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner.&#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan:1) Bentuk-bentuk pelayanan BRI Syariah KCP Pinrang sudah sesuai teori pelayanan prima yakni; Kecepatan, Keramahan; Ketetapan, Kenyamanan, yang ada di BRI Syariah KCP Pinrang. 2) Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi linear sederhana sebesar Y = 32,180 + 0,016X. Karena koefisien regresi bernilai positif (0,016) maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan (X) berpengaruh positif terhadap keputusan nasabah memilih tabungan mudharabah (Y). Sedangkan berdasarkan hasil uji t, di peroleh nilai thitung sebesar 10,643 &gt; ttabel sebesar 1,667, maka berdasarkan hasil perhitungan diatas menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap keputusan memilih tabungan mudharabah di Bank BRI Syariah KCP Pinrang. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ho ditrima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil dari rumus koefisien korelasi di peroleh r sebesar 0,409. Tabel nilai interprestai r menunjukkan bahwa antara variabel kualitas pelayanan dan keputusan memilih tabungan mudharabah bernilai kuat atau tinggi artinya tidak terdapat pengaruh yang kuat atau tinggi antara kualitas pelayanan dengan keputusan nasabah memilih tabungan mudharabah.Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 58,3%, hal ini berarti bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh sebesar 58,3% terhadap keputusan memilih tabungan mudharabah di BRI Syariah KCP Pinrang dan 41,7% lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diamati dalam penelitian ini.</description><date>2019-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>http://repository.iainpare.ac.id/1330/1/14.2300.018.pdf</identifier><identifier> Fatimah, Fatimah (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Memilih Tabungan Mudharabah (Studi Nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah KCP Pinrang). Undergraduate thesis, IAIN Parepare. </identifier><recordID>1330</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fatimah, Fatimah
title Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Memilih Tabungan Mudharabah (Studi Nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah KCP Pinrang)
publishDate 2019
topic 1502 Banking
Finance and Investment
url http://repository.iainpare.ac.id/1330/1/14.2300.018.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1330/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk–bentuk pelayanan di BRI Syariah KCP Pinrang dan pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan memilih tabungan mudharabah. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan memilih tabungan mudharabah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BRI Syariah KCP Pinrang khususnya sebagai nasabah tabungan mudharabah. Sampel penelitian ini adalah beberapa nasabah tabungan mudharabah dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan:1) Bentuk-bentuk pelayanan BRI Syariah KCP Pinrang sudah sesuai teori pelayanan prima yakni; Kecepatan, Keramahan; Ketetapan, Kenyamanan, yang ada di BRI Syariah KCP Pinrang. 2) Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi linear sederhana sebesar Y = 32,180 + 0,016X. Karena koefisien regresi bernilai positif (0,016) maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan (X) berpengaruh positif terhadap keputusan nasabah memilih tabungan mudharabah (Y). Sedangkan berdasarkan hasil uji t, di peroleh nilai thitung sebesar 10,643 > ttabel sebesar 1,667, maka berdasarkan hasil perhitungan diatas menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap keputusan memilih tabungan mudharabah di Bank BRI Syariah KCP Pinrang. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ho ditrima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil dari rumus koefisien korelasi di peroleh r sebesar 0,409. Tabel nilai interprestai r menunjukkan bahwa antara variabel kualitas pelayanan dan keputusan memilih tabungan mudharabah bernilai kuat atau tinggi artinya tidak terdapat pengaruh yang kuat atau tinggi antara kualitas pelayanan dengan keputusan nasabah memilih tabungan mudharabah.Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 58,3%, hal ini berarti bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh sebesar 58,3% terhadap keputusan memilih tabungan mudharabah di BRI Syariah KCP Pinrang dan 41,7% lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diamati dalam penelitian ini.
id IOS14680.1330
institution INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PAREPARE
institution_id 5252
institution_type library:university
library
library PERPUSTAKAAN IAIN PAREPARE
library_id 4007
collection REPOSITORY IAIN PAREPARE
repository_id 14680
subject_area Education and Related Topics/Pendidikan, Penelitian dan Topik Terkait tentang Perpustakaan
Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Law and Bases of Morality/Hukum dan Moral Dasar
Communication Psychology/Psikologi Komunikasi
city KOTA PARE PARE
province SULAWESI SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS14680
first_indexed 2020-11-06T14:32:31Z
last_indexed 2020-11-06T14:32:31Z
recordtype dc
_version_ 1686914026441801728
score 17.538404