Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Mallusetasi

Main Author: Tunisa, Raiza
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1322/1/14.1100.118.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1322/
Daftar Isi:
  • Model pembelajaran Teams Games Tournament adalah model pembelajaran kooperatif yang melibatkan aktifitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan anngota tim lain untuk memperoleh tambahan poin untuk skor tim mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen (tru experimen) dan instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes dalam bentuk pilihan ganda. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis inferensial, pengujian persyaratan analisis data. Dengan hasil analisis menunjukkan bahwa (1) pada tabel Paired Samples Correlations diperoleh koefisien korelasi antara sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran Teams Games Tournament sebesar 0.931. (2) Paired Samples Correlations diperoleh koefisien korelasi antara sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran konvensional 0.015 . Equal variances assumed dimana pada kolom t-test for Equality of Means harga t = -3.941dengan df = 46 serta Sig. (2-tailed) = 0.000 ≤ α/2 = 0.000 ≤ 0.025 sehingga H0 ditolak dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament lebih tinggi atau lebih baik daripada hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang diajar dengan model konvensional.