Kompetensi dan Peran Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Inpres Tantu Kabupaten Pinrang
Main Author: | Rismawati S., Rismawati S. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpare.ac.id/1317/1/14.1100.099.pdf http://repository.iainpare.ac.id/1317/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini Kompetensi dan Peran Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Inpres Tantu, mengemukakan empat rumusan masalah yaitu, bagaimana kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di SD Inpres Tantu, bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam di SD Inpres Tantu, bagaimana kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Inpres Tantu, dan apakah kompetensi dan peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Inpres Tantu. Jenis penelitian bersifat kualitatif, dengan menggunakan bentuk deskriptif kualitatif dan memilih beberapa informan untuk melakukan wawancara dan observasi. Pengumpulan data dilakukan melalui field research melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompetensi guru pendidikan agama Islam di SD Inpres Tantu sudah berkompeten karena pihak sekolah telah mencanangkan atau mengajukan kepada guru-guru untuk mengikuti kegiatan seperti Kelompok Kerja Guru (KKG), worshop, dan pelatihan dalam mengelolah kelas, sehingga kompetensi guru PAI sudah terjamin akan kemampuan atau keterampilan yang dimiliki karena baik dari kompetensi pedagogic dan kepribadian, sudah di anggap sangat baik. Kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Inpres tantu dalam meningkatkan proses pembelajaran sudah sangat baik di karenakan guru dalam proses pembelajaran, dan mempunyai target yang ingin di capaianya, seperti prestasi peserta didik dapat meningkat, mampu bekerja sama dengan peserta didik lainnya, proses pembelajaran menjadi menyenangkan, dan mamapu berintraksi dengan mata pembelajaran yang lain. Kompetensi dan peran guru dalam meningkatakan kualitas pembelajaran bisa di katakan bahwa guru pendidikan agama Islam sudah sangat berkompeten baik dalam segi mutu dan kualitas. Hal inilah yang dikatakan sebagai peran ketika guru mampu mengaplikasikan kompetensi atau kemampuan yang guru miliki kepada peserta didik untuk peningkatan kualitas pembelajaran. ketika semuanya telah tercapai maka komptensi dan peran guru tehadap peningkatan kualitas pembelajaran peserta didik sudah bisa dikatakan berhasil dalam artian guru mampu menjadi multifungsi sehingga peserta didik mengarah ke tujuan mereka.