Kreativitas Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Pada SMK Negeri 1 Parepare
Main Author: | Risna, Risna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpare.ac.id/1296/1/14.1100.058.pdf http://repository.iainpare.ac.id/1296/ |
Daftar Isi:
- Kreativitas adalah suatu keterampilan yang dimiliki oleh setiap orang dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Pekerjaan yang dilakukan tanpa adanya kreativitas tidak akan menarik perhatian setiap orang yang melihatnya. Begitupun dengan guru. Seorang guru ketika sedang mengajar memerlukan kreativitas mengajar agar peserta didik memiliki minat dalam belajar. Dalam dunia pendidikan kreativitas sangat dibutuhkan karena dengan adanya kreativitas seseorang akan lebih tertarik untuk menempuh pendidikannya. Di sekolah seorang guru dituntut untuk memiliki kreativitas agar peserta didik lebih tertarik untuk belajar. Jika peserta didik mengerti dan memahami materi yang diajarkan maka peserta didik akan lebih mudah mengamalkan apa yang telah disampaikan. Serta membantu peserta didik untuk menghilangkan rasa jenuh yang ada dalam diri peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode wawancara kepada guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik. Penelitian ini membahas tentang kreativitas guru dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik pada pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Parepare. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru sangat diperlukan dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik pada pelajaran pendidikan agama Islam. Untuk itu seorang guru harus lebih meningkatkan kreativitas dalam mengajar agar peserta didik tidak jenuh dalam belajar.