Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pai Peserta Didik Kelas X Di SMK Negeri 2 Parepare

Main Author: Bakri, Bakri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1291/1/14.1100.051.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1291/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar PAI peserta didik. Pembelajaran dengan menggunakan media audio visual merupakan pembelajaran dimana pendidik lebih mudah menyampaikan materi yang sulit dipahami oleh peserta didik, dan memberikan pemahaman, pengalaman, melatihnya berpikir, lebih fokus dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dengan merujuk kepada nilai-nilai dan ajaran-ajaran agama Islam agar peserta didik memiliki tingkah laku yang baik dan memperoleh nilai yang bagus dalam pembelajaran terus-menerus mengembangkan media dalam pembelajaran untuk dirinya sehingga peserta didik tidak bosan dalam belajar. Perilaku peserta didik merupakan tingkah laku seseorang yang tergambar dari perbuatannya yang nyata dan merupakan wujud dari kepribadian yang dimiliki oleh seseorang, baik itu dari dalam maupun dari luar dirinya. Sehingga pembelajaran menggunakan media audio visual mimiliki tujuan untuk membantu dan sebagai alat untuk mentrasper ilmu pengetahuan dari pendidik ke peserta didik yang beriman kepada Allah dan melaksanakan perintahnya sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam. Jenis peneilitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif dan desain penelitiannya korelasional. Sampel penelitian menggunakan teknik sampling sistematis yakni menggunakan kriteria khusus terhadap sampel yang berjumlah 60 responden.Teknik pengumpulan data menggunakan tekni observasi, angket, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik statistis desktriptif dan inferensial dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 2.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media audio visual yang dibuktikan menganalisis angket berjumlah 60 responden berada pada kategori sangat tinggi yaitu. 91.10%. (2) hasil belajar PAI peserta didik yang dibuktikan dari nilai mutlak atau nilai lapor berada pada kategori sangat tinggi yaitu 94.50%. (3) Terdapat hubungan yang rendah antara penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar PAI peserta didik. Hal ini diketahui dari hasil pengujian regresi linier sederhana dengan nilai signifikan 0.000 ≤ 0.05. Hasil analisis person corelattionnya sebesar 0.355 atau 35.50% dan berada pada tingkat hubungan yang rendah yakni pada tingkat hubungan 0.22–0.399.