Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Implementasi Pendekatan Brain Based Teaching pada Taman Kanak-Kanak di Kota Parepare

Main Authors: Hanafie Das, St. Wardah, Halik, Abdul
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1288/1/PROCIDING%20UNY%20TAHUN%202016.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1288/
Daftar Isi:
  • Pendidikan karakter pada anak usia dini menjadi trend pelaksanaan pendidikan nasional dalam mengembangkan dan menjaga eksistensi karakter budaya bangsa. Pendidikan karakter anak usia dini (PAUD) dengan pendekatan brain based teaching urgen dilakukan untuk memberikan stimuli dengan cara kerja neocortex dan neuron. Penelitian ini untuk merumuskan kurikulum PAUD yang berbasis pendidikan karakter dengan pendekatan brain based teaching (BBT) di Taman Kanak-kanak (TK). Tahapan penelitian, yaitu studi kearifan lokal, analisis visi -misi TK, telaah kurikulum TK, uji BBT, evaluasi penerapan, penyusunan konsep kurikulum. Jumah TK Kota Parepare yang diteliti sebanyak 59 buah. Teknik pengumpulan data yaitu observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi kata, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pendidikan karakter anak usia dini di Kota Parepare minimal relijius, jujur,toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi,bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar belajar, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggungjawab. Komponen BBT pada TK Kota Parepare adalah kecerdasan sosial, kecerdasan emosional, kecerdasan kognitif, kecerdasan kinestetis, dan kecerdasan reflektif.