Etika Bisnis Islam Terhadap Persaingan Transaksi Online dan Penjual Pakaian di Pasar Sentral Pinrang

Main Author: Taslim, Taslim
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1214/1/14.2200.180.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1214/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi saat ini mempengaruhi kegiatan manusia khususnya dalam tranksaksi jual beli online yankni melalui media online (internet) peran transaksi online hal ini di karenakan koneksi jaringan yang dapat dilakukan secara tercepat dan mudah serta jangkau oleh berbagai kalangan. Problematika dalam transaksi jual beli online yang sering terjadi yakni penipuan dalam teransaksi dan ketidak sesuaian barang dengan yang dicantumka oleh pedagan di media sosial. Adapun yang terjadi pokok permasalahan daam penelitian yaitu bagaimana transaksi online dan penjual pakaian di pasara sentral Pinrang dan bagaimana Etika Bisnis Islam terhadap persaingan transaksi online dan penjual pakaian di pasar sentral Pinrang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, data dalam penelitian diperolah dari data perimer dan data sekunder. Tehnik pengumplan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:Dalam hal penerapan etika bisnis Islam dalam konteks promosi ini belum diterapkan dengan baik. Hal disebabkan karena masih ada beberapa pedagang atau penjual yang tidak transparan terhadap kualitas barangnya. Dimana mereka masih terkadang menampilkan kualitas barang yang kurang bagus dengan barang yang masih bagus dan layak untuk dijual.