Pengaruh Persepsi Masyarakat Ujung Lero Terhadap Minat Menabung di Bank BRI Unit Lero

Main Author: Karmila, Karmila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1196/1/15.2300.108.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1196/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi masyarakat ujung lero terhadap eksistensi bank syariah di parepare dan untuk mengetahui besarnya pengaruh persepsi masyarakat ujung lero terhadap eksistensi bank syariah di parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif metode eksperimen, pengumpulan data yang reliabelitas dilakukan melalui penyebaran kuisioner dengan melakukan uji validitas, reabilitas, uji korelasi, uji normalitas, dan uji one sample t test. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana, uji t, koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan : 1. Berdasarkan pengujian one sample test dibuktikan dari jumlah mean persepsi masyarakat Ujung Lero sebanyak 27,48 menunjukkan tingkat kebaikan persepsi masyarakat Ujung Lero. maka sesuai dengan pengambilan keputusann jika nilai t hitung = 0,205 > t tabel = 0,201, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara persepsi masyarakat Ujung Lero terhadap minat menabung di Bank BRI Unit Lero. 2. Berdasarkan pengujian one sample t test dibuktikan dari jumlah mean minat menabung sebanyak 27,34. Maka sesuai dengan pengambilan keputusan jika nilai t hitung = 0,205 > t tabel = 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh persepsi masyarakat Ujung Lero terhadap minat menabung di Bank BRI Unit Lero. 3. Berdasarkan uji correlation, maka sesuai dengan pengambilan keputusan jika nilai signifikansi = 0,000 < 0,05, maka berkorelasi yang menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikansi antara persepsi masyarakat Ujung Lero dengan minat menabung di Bank BRI Unit Lero. 4. Hasil pengujian regresi sederhana menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian dengan metode probabilitas menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara persepsi masyarakat Ujung Lero terhadap minat menabung di Bank BRI Unit Lero. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil Sig = 0,000 < a = 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara persepsi masyarakat Ujung Lero terhadap minat menabung di Bank BRI Unit Lero.