Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII. 2 di MTs Negeri Pinrang

Main Author: Iskandar, Iskandar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1182/1/17.0211.011.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1182/
Daftar Isi:
  • Tesis ini membahas tentang pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII. 2 di MTs Negeri Pinrang, Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, adapun subyek penelitian adalah guru bidang studi yang memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam proses pembelajaran di kelas VIII. 2, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa, Pertama, pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi memberikan hal yang sangat baik, terutama dalam hal pemanfaatan pembelajaran lebih praktis, pemanfaatan waktu lebih optimal dan pemanfaatan materi lebih mudah dan bervariasi. Sehingga peserta didik sangat antusias dalam proses pembelajaran . Kedua pemanfaatan media teknologi informasi memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran peserta didik dalam meningkatkan minat belajar dalam proses pembelajaran. Selain menyenangkan juga dapat membangkitkan motivasi, semangat dalam mengikuti pembelajaran di Madrasah. Ketiga, dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan kepada peserta didik, dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi terjadi peningkatan minat belajar peserta didik khususnya kelas VIII. 2. Peserta didik sangat termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Semangat yang timbul dalam diri peserta didik karena materi dan media yang dipergunakan lebih menarik, lebih aktif, efektif dan pembelajaran lebih bervariasi.