Perilaku Pedagang Kecil di Wisata Waetuoe Kab. Pinrang; Relasi Terhadap Persaingan Dagang (Studi Etika Bisnis Islam)
Main Author: | Sukriani, Sukriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpare.ac.id/1166/1/15.2200.119.pdf http://repository.iainpare.ac.id/1166/ |
Daftar Isi:
- Berdagang merupakan aktivitas jual beli yang dilakukan seseorang untuk memperoleh keuntungan, dan dengan keuntungan yang didapatkan manusia akan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena itu persaingan terjadi, para pedagang bersaing agar mendapatkan banyak keuntungan. Seperti para pedagang di Wisata Waetuoe, mereka bersaing agar mendapatkan lebih banyak keuntungan, sehingga ada beberapa perilaku pedagang yang timbul akibat adanya persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk persaingan dan perilaku pedagang di Wisata Waetuoe menurut etika bisnis Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan dalam dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tekhnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bentuk persaingan yang ada di Wisata Waetuoe, para pedagang bersaing dalam beberapa bentuk yaitu persaingan dari segi barang, harga, tempat dan pelayanan. Mereka bersaing agar dapat menarik minat pengunjung untuk datang ketempatnya agar pengunjung tersebut dapat membeli barang dagangannya. 2) perilaku pedagang di Wisata Waetuoe menurut etika bisnis Islam, yang telah diterapkan pedagang yaitu prinsip kesatuan, kehendak bebas, dan tanggung jawab, sedangkan prinsip etika bisnis Islam yang belum diterapkan oleh beberapa pedagang yaitu prinsip kebenaran/kejujuran yaitu menjelekkan pedagang lain dan adanya unsur riba dalam menetapkan harga, dan juga prinsip keadilan yaitu tidak adil terhadap pengunjung dalam memberikan harga.