Studi Komparatif Manajemen Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Badar Parepare dan SMAN 5 Unggulan Parepare
Main Author: | Halik, Abdul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpare.ac.id/1072/1/TESIS%20UNISMUH%20MKSR%202007.pdf http://repository.iainpare.ac.id/1072/ |
Daftar Isi:
- Kualitas pendidikan dipengaruhi oleh sistem yang dibangun dalam institusi pendidikan. Pengembangan kualitas pendidikan urgen dilihat dari aspek kelebihan masing-masing sistem, baik sistem pondok pesantren maupun sistem sekolah umum. Pada saat yang sama, peserta didik memerlukan konsentrasi dan fokus dalam pembelajaran dengan kenyamanan, kegembiraan, dan kebahagiaan dalam mengikuti pembelajaran di sekolah. Aspek eskternal telah terjadi askelerasi ilmu pengetahuan dan teknologi, yang berimplikasi kepada transformasi tatanan sosial, baik dampak positif maupun dampak negatif. Oleh sebab itu, diperlukan sistem pendidikan di sekolah yang mampu melahirkan luaran yang unggul dan kompetitif di era globalisasi. Temuan dalam penelitian ini menegaskan bahwa sistem pendidikan boarding school yang menjadi alternatif pendidikan masa depan, dalam kerangka mempersiapkan luaran yang unggul, kompetitif, dan jauh dari sifat-sifat negatif.